Recent Posts

Contributors

Oil & Gas Discovery Centre in Seria, Brunei Darussalam

Thursday, 21 June 2018


Pagi sekali kami sudah siap. Rencana hari ini adalah berkunjung ke Seria, Belait. Seria adalah pusat sains di Brunei Darussalam. Di sana terdapat Oil and Gas Discovery Center. Oil and Gas Discovery Center ini diresmikan oleh Sultan Hasanah Bolkiah pada 14 September 2002. Sekarang, OGDC menjadi tempat tujuan wisata domestik maupun manca negara.

Namun, untuk sampai ke sini harus dengan mobil pribadi atau taksi. Ada juga bus, tetapi sangat jarang terlihat. Mungkin kita harus menunggu hingga 1 - 2 jam untuk memperoleh bus. Dari Bandar Seri Begawan ke Seria menghabiskan waktu hingga 1 jam. Kita tidak akan bosan dan terjebak macet karena jalan ke Seria ini lurus dan bebas hambatan. Hampir semua jalan di Brunei Darussalam bebas hambatan, kecuali di Bandar Seri Begawan ketika waktu jam pergi dan pulang kerja.




Hal itu disebabkan oleh semua warga Brunei Darussalam menggunakan mobil pribadi. Sepeda motor hampir tidak terlihat di sana. Seria adalah sebuah mukim dari distrik Belait. Dia berbatasan langsung dengan Laut Cina Selatan. OGDC mempunyai beberapa fasilitas yang cocok untuk anak-anak dan orang dewasa. Biasanya, anak sekolah akan membuat kunjungan khusus ke sini untuk belajar tentang sains serta memahami minyak dan gas.

OGDC memiliki ruang konferensi yang memuat 10 hingga 15 orang, galeri utama yang bentuknya mirip dengan tangki penyimpan minyak. Harga masuk ke galeri ini sedikit mahal bagi wisatawan yang bukan warga negara Brunei Darussalam. Yaitu mencapai $BD 50.00. Saat itu kami urung masuk karena tidak cukup membawa uang. Jadi, kami hanya berkeliling di sekitar pekarangan di luar galeri ini. OGDC juga mempunyai sebuah ruang teater. Di sana bisa digunakan untuk presentasi, seminar, dan menonton film tentang sains.




Selain itu juga terdapat Sains Lab, kelas belajar, lapangan basket dan lapangan voli pantai. Jika kamu pergi membawa keluarga ke Brunei Darussalam, Seria boleh jadi pilihan untuk daftar kunjungan. Anak-anak bisa belajar sains langsung pada tempat yang tepat. Itu bisa meningkatkan kepercayaan diri mereka di sekolah. Oya, semoga postingan saya tentang travel ini bisa menjadi pertimbangan kalian ketika memilih daerah Asia Tenggara yang ingin kalian kunjungi. Semoga bermanfaat.




No comments:

Post a Comment