Recent Posts

Contributors

Anthropoid, Nazi di Ceko

Thursday, 27 October 2016
Saya tidak sengaja membuka website indieware saat itu, yang memposting script film-film bagus tahun 2016. Salah satu film tersebut adalah Anthropoid. Pikiran saya langsung berimajinasi bahwa film ini bercerita tentang sebuah proyek mikrobiologi atau obat-obatan. Namun demikian ketika kita lihat poster dari film ini, kita langsung dapat mengidentifikasi bahwa film ini berkisah tentang Nazi Jerman. Pemilihan warna merah sebagai monotone pada poster menurut saya sangat cocok. Walaupun notabene merah adalah warna komunis. Namun dengan dipadu gambar kepala Jenderal Fallschirmjager, Richard Heidrich, lengkap sudah kerennya.

Cekoslovakia merupakan negara yang diperdebatkan oleh Adolf Hitler, Britania Raya, dan Italia, serta beberapa negara lainnya. Sehingga Adolf Hitler mengancam perang jika Cekoslovakia tidak diserahkan ke Jerman. Cekoslovakia yang tanpa sekutu akhirnya bisa diduduki Jerman tanpa perlawanan. 




Film ini berfokus pada upaya para patriot Ceko yang mendapat perintah dari pemerintah Ceko di London untuk menembak mati Richard Heidrich, yang saat itu menduduki Cekoslovakia. Mereka dikirim dari London, sebagai penerjun (pasukan parasut). Bicara soal Nazi memang kadang menarik kadang membosankan. National Geographic Channel tiap bulan menayangkan program tentang Nazi, baik tentang megastructure atau tentang tokohnya,  seperti Jose Mengele, sang dokter yang berpengaruh besar pada pemusnahan ras Yahudi di kamp Auschwitz, Polandia. Itulah ideologi yang mampu menggerakkan seluruh lini,  sosial, ekonomi, bahkan agama. Kembali pada film Anthropoid. Saya sebenarnya tidak pernah tau tentang sejarah Jerman menduduki Ceko, yang saya tau cuma, Jenderal Richard Heidrich adalah seorang Fallschirmjager, yang memimpin pasukan parasut divisi 1 dan berperang melawan tentara gabungan Inggris dan Italia.



Yang menarik dalam film ini, bagaimana rasa takut yang diciptakan Nazi bagi warga Ceko, yang tidak seorangpun berani menentang Heidrich secara terang-terangan, hingga kehadiran patriot Ceko itu. Mereka bermusyawarah secara diam-diam, dan menggunakan sandi disetiap komunikasi. Hingga datang hari penembakan Sang Jenderal, mereka gagal total. Heidrich tidak terbunuh, hanya luka akibat ledakan dimobilnya. Disinilah bermula segala siksaan bagi seluruh warga Ceko. Pasukan SS Nazi mengejar para patriot itu hingga ke gereja, tempat persembunyian mereka. Dalam enam jam, para patriot mampu bertahan, hingga akhirnya nasib mereka naas, terpaksa bunuh diri sebelum dihabisi oleh SS. Dan setelah itu, hampir ribuan warga Ceko dibunuh pasukan SS Nazi, mayoritasnya  adalah wanita dan anak-anak. Film ini bersetting di Cekoslovakia, berbahasa Inggris, dan Ceko. Bagi yang suka dengan sejarah Nazi, film ini bisa dijadikan tontonan penghujung Oktober 2016.


No comments:

Post a Comment