Recent Posts

Contributors

Kamu adalah segalanya?

Friday, 3 August 2012

 You are my everything

Hati-hati dengan kata ini.Kamu telah meyakinkan dirimu sendiri bahwa dia adalah segalanya.Tidak ada yang lain dalam fikiranmu.Bagaimana jika dia meninggalkanmu? Atau sekedar tidak peduli denganmu lagi? hidup akan menjadi sangat keras bagimu.Segalanya pula tak berarti.Sehingga lahir ungkapan “Nasi dimakan rasa duri,air diminum rasa sekam” (entah benar :D).

Jangan sepenuhnya mendedikasikan kehidupan seluruhnya kepada seseorang yang kita cinta,bukan itu berarti kita tidak benar-benar cinta,tapi hal ini akan melahirkan suasana tidak nyaman baginya.Kita yang telah menyerahkan kehidupan hanya untuk dirinya akan merasa perlu tau seluruh apa saja yang dikerjakannya,beserta detil-detilnya.Kamu pernah merasakan hal itu kan? :D.

Begitu pula dengan kita,fikiran kita hanya dipenuhi tentang dirinya.Menduga-duga,berusaha ingin tau apa yang dia kerjakan,dimana ,dan apa tujuannya.Sangat menyiksa.Passion  kita untuk masa depan rusak,bahkan hancur.Fikiran memang tidak ada batas,tapi membatasi hanya untuk dirinya adalah langkah yang salah.

Dalam film Elegy yang dibintangi Penelope Cruz,alkisah seorang dosen yang sudah memasuki  usia lanjut tiba-tiba jadi tertarik kepada mahasiswinya.Mahasisiwi (Penelope Cruz) itu cerdas,berkepribadian baik,memiliki rupa yang cantik,dan jelas berbeda dengan yang lain.Sang dosen jatuh cinta padanya,benar-benar jatuh cinta.Dia (dosen) larut dalam perasaan cintanya,lupa akan kariernya,tulisannya,lupa akan umurnya yang lanjut.Namun mereka akhirnya saling jatuh cinta.Si dosen mulai dibudaki oleh fikirannya,dia memata-matai apa saja yang dilakukan mahasiswinya itu.Hingga beliau tertangkap basah,dan merusak pesta mahasiswinya itu.Sang mahasiswi sangat terpukul dan kecewa,dia tidak mau bicara dan menjawab telepon sang dosen.Sang dosen panik,dan menceritakan masalah tersebut kepada rekannya.Rekannya menyarankan agar dia sadar akan usianya,sadar akan posisinya sebagai pengajar.Dia tidak boleh mendedikasikan seluruh hidupnya kepada wanita itu.Karena kapanpun ia bisa meninggalkannya.Sang dosen melakukan apa yang disarankan itu,dia kembali kepada kehidupannya.

Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu mau mengikuti saran rekan si dosen tersebut?

Let me be me

Jadilah diri sendiri,lakukan apa yang dirimu sukai.Jangan jadikan kehidupanmu bergantung pada orang lain.Jangan rusak cita-citamu dengan harapan kosong.Misalnya jika umurmu baru menjejaki  19 atau 20 tahun,bukankah itu masa yang terlalu muda untuk membanjiri fikiran dengan komitmen pernikahan? Atau sekedar cinta monyet,tapi hal itu merusak pendidikanmu?

Berfikirlah rasional.Waktu beberapa bulan saja bisa mengubah keadaan secara ekstrem,berbanding terbalik dari kejadian saat ini.Namun menjalani apa adanya,tidak terlalu diberati oleh keadaan-keadaan konyol adalah jalan tengahnya.Bukankah manusia mencari kebebasan? Tapi kenapa mereka justru masuk dalam lingkaran setan yang bernama suci cinta? Ini terlalu berlebihan memang.Saya tidak maksudkan pada hubungan-hubungan yang berjalan normal,bahkan membahagiakan,hubungan yang produktif.Tapi pada orang-orang yang dibutakan dari kejadian-kejadian rasional.Menjadi budak dari cinta.Saya sebenarnya hanya ingin menyampaikan kekhawatiran pada apa yang saya lihat pada media sosial facebook.Bahkan facebook pun jadi tempat curhat yang ideal.Membeberkan kejadian yang bersifat pribadi kepada 500 hingga 1000 teman,inikah yang dinamakan pribadi?

Akan banyak yang tidak setuju dengan pendapat ini.Karena yang mereka rasakan sudah mendunia,semua orang di dunia pernah merasakan hal buta jatuh cinta,hal sakit putus cinta.Bahkan ada kejadian kriminalitas yang hadir gara-gara ini.Tapi yang berpendapat berlawanan akan kelihatan berbeda,menjadi tempat pelarian bagi orang yang sudah lelah dengan permainan bohong cinta.Semua akan indah pada masanya.Jangan gagalkan rencana Allah hanya dengan kita ingin segalanya cepat terjadi.Jangan pula samakan kehidupan kita dengan teman atau orang sekeliling.Mereka mungkin ditakdirkan berbeda.

Alkisah,seorang pemuda bernama Liquid punya seorang teman wanita di kantor,ingat,hanya sebatas teman,tapi Liquid akhirnya tertarik padanya.Suatu ketika dia berada dirumah bersama sahabatnya dan teman wanita dari sahabat itu.Mereka sangat mesra,cocok satu sama lain.Liquid ini jadi menginginkan suasana seperti demikian.Pada suatu hari dikantor,Liquid mengutarakan perasaannya,sebagai harapan dia bisa seperti sahabatnya itu.Tapi apa yang terjadi? Teman wanitanya justru tersinggung dengan hal itu.Semuanya berantakan.Kamu bisa menyaksikan cerita ini di film pyaar ka punchnama :D

Nah kan,jangan samakan jalan hidup kita dengan orang lain,sekali lagi jadilah diri sendir,terima apa adanya dirimu.Tidak salah juga berharap,tapi jangan berlebihan,ingat,jangan berlebihan.Jangan dedikasikan hidupmu seluruhnya kepada hanya seseorang (kalo hanya kepada Allah boleh,tapi bisa gak?saya yakin tidak).Milikilah kehidupan dari berbagai sisi,hingga salah stu sisi membuat kamu sedih,beralihlah ke sisi lainnya (saya yakin jika kamu pergi ke psikiater,mereka akan beri saran yang sama.Mending ini,gratis :D).Dan jangan lupa simpan kata-kata  you are my everything,jika telah terlanjur dikatakan,yasudah,jangan diulangi lagi.Simpan hingga kamu benar-benar memilikinya dengan ikatan yang sah.



No comments:

Post a Comment